Tips Anti Rugi: Beli Mobil Bekas di OLXmobbi

 


“Ya, gimana kalau nggak kredit, kapan kita punya mobil?!” Sounds familiar, right?
“Bisa, beli mobil bekas aja!”


Prinsip saya adalah tidak perlu memaksakan untuk punya sesuatu yang baru dan FOMO dengan tren jika memang tidak sesuai dengan kemampuan. Seperti juga kepemilikan kendaraan yang bukan produk investasi dan nilainya ada penyusutan.

Sadar bahwa negara kita belum bisa menyediakan fasilitas transportasi umum yang mumpuni, maka kita harus punya strategi bertahan di tengah gempuran kebutuhan. Setidaknya itulah yang saya dan suami rasakan setelah punya anak. Mobilitas kami yang tinggi tidak lagi layak jika harus ditempuh dengan motoran apalagi jika bersama balita. Kami juga sudah lelah dengan drama-drama taksi online dan segala keribetannya.

Jalanan yang rusak di sana sini, kendaraan roda dua yang semakin padat dan polusi yang semakin jahat, menimbang keamanan di jalanan juga membuat kami terus berhitung: kapan kami bisa punya mobil? Tentu kami yang bukan generasi pewaris, tidak juga menunggu keberuntungan undian, hanya bisa mengkalkulasi dan memutar otak kemudian menyadari bahwa kami harus beli mobil meski bekas. Tidak bisa ditunda lagi.

Setidaknya, inilah tips yang bisa kami bagikan dari pengalaman kami buat kalian yang sedang ingin membeli mobil bekas agar nyaman dan anti rugi.


Memastikan Kecukupan Anggaran yang Tersedia


Dengan anggaran yang hanya sekitar Rp. 100 juta, kami browsing kesana kemari untuk mendapatkan mobil idaman meski bekasan. Benar kata orang, beli mobil sama juga dengan beli rumah atau tanah, semuanya jodoh-jodohan. Harus benar-benar sabar dan selalu dalam kondisi sadar agar bisa membuat keputusan yang benar. Bagi kami, pengeluaran untuk mobil pertama kami ini bukanlah uang kecil. Penuh perjuangan, maka kami harus selalu awas dan memasang radar untuk setiap tawaran yang datang.

Jika memang sudah sangat butuh tapi belum cukup anggarannya, bisa dikalkulasikan lagi berapa uang muka yang bisa dibayarkan dan pastikan cicilan tidak lebih dari 30% pengeluaran bulanan. Jadi meski beli mobil bekas, kita bisa tetap membayar dengan cara mencicil tapi tentu tidak semahal mencicil atau kredit mobil baru. Anggaran juga perlu dipersiapkan untuk biaya perawatan dan perbaikan. Apalagi jika mobil bekas yang kita beli sudah tua, pasti banyak spare part yang perlu diganti. Mobil tua perlu perlakuan ekstra untuk menjaga performanya.

Menyesuaikan Kebutuhan dengan Tipe Mobil Incaran


Bisa jadi kalian yang cuma akan melalukan mobilisasi bersama suami/istri dan satu anak, maka kalian bisa pilih mobil jenis LCGC (Low Cost Green Car) atau sedan. Jika kalian hanya menggunakan mobil di area perkotaan dengan jalanan yang relatif mulus, mungkin bisa memilih mobil dengan body ramping dan pendek. Tipe dan jenis mobil mempunyai karakteristik tertentu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kepribadian kita.

Kalau kami karena terdiri atas keluarga besar, tinggal di desa, dan butuh untuk mengangkut banyak barang, maka kami memutuskan membeli mobil MPV hatchback 7-seater. Kali ini kami baru bisa membeli mobil tua, semoga mobil kedua kami kelak lebih aman, nyaman dan memuaskan.

Memastikan Kelengkapan Administrasi Kendaraan


Saya katakan ‘kelengkapan administrasi’ karena yang kita perlu cek bukan hanya STNK dan BPKB. Hal lain yang bisa dicek juga melalui Kantor Samsat adalah status mobil apakah di blokir jual, blokir tilang, atau blokir hilang. Hal ini tentu untuk menghindari kita membeli mobil bekas dengan kondisi pelanggaran aturan atau bahkan hasil kejahatan.

Memeriksa Kondisi Kesehatan Mobil


Biasanya, fokus utama orang yang akan membeli mobil bekas adalah poin ini. Terkadang tiga poin sebelumnya justru diabaikan. 

Kondisi kesehatan mobil bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan mesin, kondisi oli dan bensin, suara dan getaran mesin, hingga aroma yang keluar dari mesin. Hal ini bisa ditemukan ketika kita melakukan pengecekan mesin menyeluruh dan test drive di berbagai kondisi jalanan dan kecepatan.

Hal yang tidak kalah penting adalah kenampakan atau body mobil. Pastikan mobil bekas yang akan kita beli bebas dari jejak-jejak kecelakaan, banjir, keropos, dan karat. Indikasi ini bukan hanya akan berkaitan dengan kondisi tampilan fisik mobil, tapi juga akan berpengaruh pada keselamatan. Saat ini, mobil-mobil modern sudah dilengkapi berbagai macam indikator untuk menggambarkan kondisinya. Mulai dari indikator engine check, tekanan oli mesin, kondisi aki, dan sebagainya. Termasuk juga sistem kelistrikan mobil seperti lampu, klakson, dan lainnya agar dipastikan berfungsi dengan baik.

Selanjutnya yang butuh anggaran lumayan besar jika terjadi masalah adalah kaki-kaki mobil. Ini juga sangat erat kaitannya dengan keselamatan sepaket dengan pemeriksaan kondisi rem, ban, dan suspensi mobil. Kondisi interior mobil juga tidak kalah penting. Pastikan kondisi AC hingga audionya dalam kondisi prima. 

Kami memang sedetil itu hingga butuh waktu 3 bulan untuk klik dengan mobil yang akhirnya kami beli.  Tips di atas akan membantu kalian untuk memilih mobil bekas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Sangat ribet memang, apalagi kalau kalian beli langsung dari pemilik kendaraannya. Kalian juga bisa menggunakan jasa inspeksi mobil untuk mengecek kondisi mobil bekas yang akan dibeli.

Untuk meminimalisasi risiko yang mungkin muncul, kalian bisa membeli mobil bekas dari OLXmobbi. Pasti kalian sudah kenal dengan OLX Indonesia, kan? 

Iya bener, OLX Indonesia atau OLX.co.id merupakan platform iklan baris digital terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 9 juta pengguna aktif per bulan dan telah beroperasi lebih dari 18 tahun. OLX menjadi media bagi para penjual untuk memasang iklan agar dapat dengan cepat menjual barangnya, sekaligus menjadi media bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhannya. Barang yang bisa dicari mulai dari mobil, motor, handphone, komputer, peralatan rumah tangga, properti hingga lowongan kerja, dan jasa lainnya.
 


Nah yang saya ceritakan kali ini adalah OLXmobbi Ahlinya Mobil Bekas. OLXmobbi adalah bisnis layanan online dan offline jual beli mobil bekas yang berbasis teknologi, sekaligus one stop solution dalam ekosistem pasar mobil bekas, yang memiliki lebih dari 30 store dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, dan Medan.


Selain dilengkapi dengan garansi mesin dan transmisi, OLXmobbi juga menyediakan jaminan 7 hari uang Kembali dan gratis biaya jasa perawatan. OLXmobbi menyediakan ragam pilihan penawaran mulai dari merk mobil popular, dengan daftar mobil sesuai anggaran,  pilihan tahun hingga mobil dengan diskon menarik!

Jadi beli mobil bekas di OLXmobbi ini adalah solusi anti rugi. Kelebihan transaksi melalui rekening bersama (rekber) dan market place adalah keamanan bertransaksi digital. Apalagi OLXmobbi memberikan kemudahan transaksi dan akses layanan yang lebih luas kepada pelanggan yang ingin membeli, menjual, maupun tukar tambah mobil bekas dengan layanan yang menyeluruh sekaligus terintegrasi.


Berfokus pada bisnis layanan online dan offline, jual beli mobil bekas yang berbasis
teknologi serta one stop solution seperti ini memberikan pelanggan akses transaksi jual mobil bekas yang lebih mudah melalui kolaborasi OLXmobbi dengan perusahaan di Grup Astra pada lini bisnis otomotif serta jasa keuangan. Untuk proses pembiayaan, saat ini OLXmobbi bekerja sama dengan ACC, Toyota Astra Financial Services, Asuransi Astra Buana, dan AstraPay. Sementara itu, untuk trade-in, OLXmobbi sudah resmi menjadi official trade-in partner dari Auto2000 dan Astra Daihatsu.

Bertransaksi jual-beli mobil bekas di OLXmobbi memang menawarkan kemudahan bagi konsumen yang memiliki kebutuhan mobil bekas melalui sistem terintegrasi. Inovasi digital yang dimiliki OLXmobbi membantu konsumen untuk bertransaksi secara cepat dan mudah dengan tetap mengandalkan kualitas karena semua kendaraan yang dijual OLXmobbi telah melewati proses inspeksi yang ketat oleh tim ahli dan bisa test drive dari rumah. 

Saya pikir, ketika kalian masih berat untuk membayar jasa inspeksi mobil, opsi transaksi lewat OLXmobbi ini bisa dipertimbangkan. Tapi kalau berat untuk menyediakan anggaran beli mobil bekas atau membayar cicilan per bulannya, bisa ditahan dulu niatnya. Sambil nabung, sambil hustling, sambil puasa dan jangan lupa untuk kembali lagi ke poin yang pertama, baru kedua dan seterusnya.

Semangat untuk mendapatkan mobil impianmu, ya!

No comments

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<